BAPPPEDA Gorontalo Gelar Workshop SIPD
Dibuat Oleh : Prayogi Nugraha, Terbit : 26 April 2018 Dilihat : 30 Kali

BAPPPEDA Gorontalo Gelar Workshop SIPD

Jakarta - BAPPPEDA Kota Gorontalo menggelar Workshop Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang dihadiri oleh para kepala OPD beserta staf dan operator entri data dalam lingkup Pemerintah Kota Gorontalo yang bertempat di Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta Pusat (26/4/2018) dan dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 26 April hingga 28 April 2018. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Bapak Plt. Walikota Gorontalo, yakni dr. CHARLES BUDI DOKU. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa “Manajemen data dan informasi harus didukung oleh teknologi yang memadai. Mengingat data dan informasi sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan untuk perencanaan pembangunan daerah,”

Oleh karenanya, beliau menghimbau agar aparat pemerintahan harus meningkatkan kualitas terkait perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah melalui penguatan data dan informasi pembangunan daerah yang akurat dan mutakhir. “Posisi SPID sangat strategis dalam perencanaan pembangunan daerah. Maka dari itu, administrasi masing-masing SKPD dibekali pemahaman mengenai perencanaan pembangunan, agar data yang terinput valid dan sinkron mulai dari daerah hingga nasional,”

SIPD online sendiri adalah wadah yang digunakan untuk pengumpulan data dan selanjutnya digunakan sebagai bahan perencanaan. Data dalam penyusunan RPJMD diolah untuk analisis umum gambaran daerah termasuk permasalahan strategis yang diangkat dalam visi dan misi kepala daerah. Tujuan dari SIPD online adalah selain sebagai media untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah dan mengoptimalkan SKPD dalam pengumpulan dan pengisian data daerah, tapi juga berfungsi sebagai Legal Database yang artinya data yang termuat di SIPD Online dapat dijadikan dasar resmi pengambilan suatu keputusan dan kebijakan daerah karena data tersebut memiliki sifat akuntabel.


  

0 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT