BI: "Pertumbuhan Ekonomi Jadi Bukti Kualitas SDM Indonesia"
Dibuat Oleh : Prayogi Nugraha, Terbit : 13 Februari 2017 Dilihat : 116 Kali

BI:

Jakarta -- Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2016 lalu berhasil mendarat di angka 5,02 persen. Lebih tinggi jika dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2015 yang sebesar 4,79 persen. Gubernur Bank Indonesia Agus D.W Martowardojo menyebut, angka tersebut dinilai masih cukup baik jika dibandingkan dengan negara-negara di dunia lainnya yang hanya tumbuh 1-2 persen bahkan negatif.

"Kita mensyukuri di tahun 2016 kita bisa menjaga pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02 persen Begitu banyak negara yang ekonominya tumbuh tidak dengan baik. Bahkan harus mengalami pertumbuhan ekonomi yang minus. Kita berbangga bahwa tingkat inflasi bisa kita jaga dengan baik," ujar Agus dalam acara Presidential Lecture di BI Institute, Senin (13/2).

Tahun 2016 lalu, kondisi inflasi di Indonesia mencapai 3,02 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun 2015 yang sebesar 3,35 persen. Selain inflasi, kondisi neraca pembayaran Indonesia juga mengalami surplus hingga US$12 miliar dengan defisit transaksi berjalan mencapai 0,8 persen di kuartal IV 2016. Serta cadangan devisa yang mencapai US$116,9 miliar hingga akhir 2016.

"Kita bisa menjaga nilai tukar rupiah dan inflasi. Supaya masyarakat tidak tercuri penghasilan riilnya karena harga harga barang dan jasa yang meningkat," ujarnya.

Mantan Menteri Keuangan itu menilai, pertumbuhan ekonomi yang positif tersebut bisa dicapai berkat Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang berkualitas. Kompetensi SDM Indonesia menurutnya sudah teruji dalam menghadapi pelemahan ekonomi global yang terjadi sepanjang tahun lalu.

"Tidak mungkin kita bisa mencapai prestasi yang baik apabila Indonesia tidak dipimpin oleh negarawan-negarawan yang handal. Tidak mungkin mencapai kondisi yang baik seperti sekarang dan dapat sustainable. Kalau kita tidak mempunyai SDM yang berkualitas

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170213180341-78-193246/bi-pertumbuhan-ekonomi-jadi-bukti-kualitas-sdm-indonesia/


  

0 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT