Pemkot Gorontalo Gandeng BPN Terbitkan Sertifikat Gratis
Dibuat Oleh : Andikha Saldi, Terbit : 02 Oktober 2017 Dilihat : 43 Kali

Pemkot Gorontalo Gandeng BPN Terbitkan Sertifikat Gratis

Pemerintah Kota Gorontalo menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) menerbitkan sertifikat gratis untuk mendukung permodalan bagi masyarakat. Selain sertifikat, Pemkot Gorontalo juga membukakan permodalan lain lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR), maupun lembaga penyaluran dana bergulir bagi Koperasi dan UKM. Dan paling penting adalah pembinaan dan pelatihan kewirausahawan untuk meningkatkan kompetensi. "Semua kemudahan itu kami berikan kepada pelaku UKM di Kota Gorontalo. Karena pemerintah melihat UKM banyak menyimpan potensi ekonomi yang besar dalam menyerap tenaga kerja lokal," kata Walikota Gorontalo, Marten Taha, Kamis.

Selain itu, Marten mengatakan, pihaknya telah memfasilitasi agar pelaku UKM bisa menjalani kerja sama dengan dunia usaha lainnya, lewat aplikasi mobile commerce internet (MCB). Ia menjelaskan, permasalahan di pelaku UKM bukan hanya berada pada permodalan saja, namun cara mengatur usaha, pemasaran dan SDM sangatlah berkaitan dengan kesuksesan menjalankan usaha di Kota Gorontalo. "Oleh karena itu, kami melahirkan beberapa program tersebut sebagai solusi bagi pelaku UKM. Aplikasi itu juga kami ciptakan dengan tujuan membantu koperasi dan UKM dan berguna instansi terkait untuk memetakan lokasi," katanya lagi.

Bahkan pelaporan keuangan dan perluasan pengembangan pemasaran produk, bisa dilakukan lewat aplikasi MCB. Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi (Disnakerkop) dan UKM Kota Gorontalo, Ben Idrus mencatat pelaku UKM di daerah itu sudah mencapai 8.025 pada tahun 2016. Banyaknya UKM tentu bisa menyerap tenaga kerja baru. Ben Idrus juga mengatakan, pihaknya terus menciptakan iklim usaha yang kondusif dalam menunjang perekonomian daerah tersebut. "Kami juga berharap mendapat dukungan dari masyarakat pelaku UKM, agar Kota Gorontalo terus berkembang menjadi kota jasa yang bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.

sumber : http://www.antaragorontalo.com/berita/43990/pemkot-gorontalo-gandeng-bpn-terbitkan-sertifikat-gratis


  

0 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT