Pemkot Gorontalo Targetkan Empat Puskesmas Terakreditasi
Dibuat Oleh : Andikha Saldi, Terbit : 11 Mei 2017 Dilihat : 223 Kali

Pemkot Gorontalo Targetkan Empat Puskesmas Terakreditasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, menargetkan empat dari 10 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) bisa mendapatkan akreditas utama dari pemerintah pusat pada tahun 2017. Kepala Dinas Kesehatan, Nur Albar, mengatakan tahun 2017 ada empat Puskesmas yang dinilai tim pemeriksa. Penilaian menyangkut sejumlah dokumen yang dilakukan selama tiga hari secara bergantian dibeberapa puskesmas. "Ada cukup banyak aspek yang dinilai. Dari aspek pemeriksaan perorangan kepada masyarakat sakit maupun sehat dan kegiatan program kesehatan di luar puskesmas, untuk posyandu," katanya, Kamis.

Bahkan admistrasi dan manajemen turut diperiksa, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau masih terdapat kesalahan. Namun, diakui Nur, tim penilai tidak langsung menyalahkan jika terdapat kekeliruan. Tim penilai akan menunjukan kesalahan itu dan memberikan masukan, agar kedepan bisa diperbaiki pengelolah puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat. "Tim juga telah menilai keberadaan puskesmas di tengah masyarakat, apakah diterima atau tidak. Tim itu mendatangi sejumlah aparat kelurahan dan masyarakat setempat untuk diwawancarai," katanya,

Hubungan lintas sektor dengan pemerintah kecamatan juga dinilai, karena tanpa mereka, diakui Nur, program puskemas tidak akan berjalan dengan baik. Ia mencontohkan dengan program imunisasi dasar, pemerintah pusat memberi amanah agar imunisasi dapat disalurkan minimal 95 persen hingga 100 persen. Tanpa kerja sama lintas sektor, program itu tidak akan jalan. "Tim penilai sejak awal telah menyampaikan masih ada kekurangan pada dokumen dokumentasi. Hal itu memang tidak prinsip, tetapi menjadi penilaian. Semua masukan tim penilai telah kami perbaiki, untuk kesempurnaan," tutupnya.

sumber : http://www.antaragorontalo.com/berita/38225/pemkot-gorontalo-targetkan-empat-puskesmas-terakreditasi


  

0 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT