Pemkot Siapkan 476 Pos Pelayanan Imunisasi MR
Dibuat Oleh : Andikha Saldi, Terbit : 07 Agustus 2018 Dilihat : 10 Kali

Pemkot Siapkan 476 Pos Pelayanan Imunisasi MR

Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 476 pos khusus untuk melayani imunisasi Measles Rubella (MR) bagi anak-anak yang belum masuk usia sekolah maupun yang tidak bersekolah. "Ratusan pos tersebut berada di kantor kelurahan, Posyandu, Puskesmas hingga puskesmas pembantu yang tersebar di seluruh Kota Gorontalo," katanya, Jumat. Menurutnya jumlah total anak-anak yang ditargetkan mendapatkan imunisasi di Kota Gorontalo adalah 53.650 orang usia 9 bulan hingga 15 tahun. "Dari jumlah total itu, 70 persen anak target imunisasi MR bersekolah, sehingga pelayanan imunisasi diberikan di sekolah masing-masing," jelasnya di Gorontalo.

Sementara anak yang belum memasuki usia sekolah serta anak yang tidak bersekolah, tetap mendapatkan pelayanan melalui pos-pos yang tersedia. Pemkot sendiri menargetkan selesai melakukan imunisasi terhadap 53.650 anak pada pertengahan September 2018 atau bulan kedua jadwal imunisasi MR. Ia juga mengimbau para orang tua menyingkirkan rasa khawatir, takut dan meragukan pemberian imunisasi tersebut karena pemerintah telah menjamin kualitas vaksin MR. Marten mengakui ia masih menerima beberapa keluhan dari masyarakat, yang mempertanyakan kehalalan dan efek samping (kejadian pasca imunisasi) vaksin. "Seluruh sarana dan prasarana, obat, vaksin, alat suntik dan tenaga medis semua ditanggung pemerintah. Vaksin ini tentu gratis dan kualitasnya tidak diragukan. Majelis Ulama Indonesia sudah menyatakan ini halal dan baik," tambahnya.

Sebelumya pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo dan Kementerian Kesehatan mencanangkan imunisasi MR di Gedung Grand Palace Convention Centre. Perwakilan Kementerian Kesehatan RI, Nana Muliana mengatakan imunisasi campak dan rubella bertujuan mencegah terjadinya cacat atau kelainan bawaan kepada anak-anak. Kelainan bawaan dimaksud yang diakibatkan oleh virus rubella seperti kebutaan, katarak, dan tuli. "Pada bulan Agustus ini akan kami mulai dari lingkungan sekolah. Sedangkan untuk bulan September akan dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan, baik itu di Puskesmas, Poskesdes, bahkan sampai di tingkat Posyandu," katanya di Gorontalo.

Ia menjelaskan, pihaknya mengapresiasi respon baik dari Pemprov Gorontalo yang mendukung kampanye imunisasi MR di daerah tersebut. "Gorontalo termasuk yang paling tercepat melaksanakan kampanye imunisasi ini. Ada 28 Provinsi dan Gorontalo masuk dalam delapan provinsi pertama yang mengadakan kampanye ini. Untuk luar Pulau jawa, ini yang pertama," tukasnya.

sumber : https://gorontalo.antaranews.com/berita/53928/pemkot-siapkan-476-pos-pelayanan-imunisasi-mr


  

0 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT