Rencana Aksi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Kota Gorontalo
Dibuat Oleh : rahmat maseke, Terbit : 14 Maret 2018 Dilihat : 117 Kali

Rencana Aksi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Kota Gorontalo

Dalam melakukan pencegahan korupsi, di lingkungan Pemkot Gorontalo. Melahirkan program pencegahan melalui aplikasi canggih, yang disebut elektronik Dulohupa (e-Dulohupa). Menjadi solusi terbaik dilakukan Pemkot Gorontalo, bahkan sudah direalisasikan.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dapat memaksimalkan sistem perencanaan. Sejalan dengan semangat melestarikan nilai budaya Gorontalo, sesuai dengan nama aplikasinya. “Alhamdulillah untuk perencanaan pembangunan tahun anggaran 2019 sudah berbasis e-planning yaitu e-Dulohupa,”ujar Plt. Kepala Bapelitbangda Kota Gorontalo Laida M. Ali.

Laida menjelaskan, selain merupakan tindaklanjut rekomendasi KPK-RI, penerapan e-Dulohupa juga sebagaimana diamanatkan Permendagri 86 Tahun 2017. Sistem perencanaan e-Dulohupa Kota Gorontalo sendiri jelasnya, memiliki sejumlah aplikasi seperti e-rembug warga, e-musrenbang kelurahan, e-musrenbang kecamatan, e-renja SKPD dan e-pokok pikiran. Seiring berjalannya tahapan perencanaan tahun anggaran 2019, penginputan aplikasi telah menyelesaikan e-rembug warga, e-musrenbang kelurahan hingga e-musrenbang kecamatan.

“Dalam aplikasi ini, sesuai pedoman untuk musrenbang kelurahan usulannya 2-1-1. Artinya, dua usulan untuk infrastruktur, satu usulan masing-masing untuk sosial dan ekonomi. Kemudian di tingkat kecamatan mempedomani pola 3-2-2. Artinya, tiga usulan untuk infrastruktur, dua usulan sosial dan dua usulan ekonomi,”jelasnya.

Setelah pelaksanaan musrenbang di 9 kecamatan, selanjutnya akan masuk tahapan penyusunan RKPD. Nantinya pada saat pelaksanaan musrenbang tingkat kota akan membahas seluruh usulan baik dari SKPD, musrenbang kecamatan maupun pokok-pokok pikiran dari DPRD. “Jika sudah masuk dalam aplikasi, otomatis tidak bisa dirubah lagi. Untuk bisa merubah, ada mekanisme yang harus dilalui,”ujarnya. Diharapkan hadirnya sistem perencanaan e-Dulohupa ini semakin mendorong partisipasi masyarakat menyukseskan berbagai program pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Gorontalo.


  

16 Komentar

Komentar


Nama Lengkap
Email
Alamat Website
Komentar
 
Galeri
Jejak Pendapat
Kawasan Ekonomi Kecamatan
Infrastruktur Perkotaan
Kartu Sejahtera (Gratis dari Lahir sampai Mati)
Penataan Birokrasi
Penguatan organisasi Agama
Kawasan Ciber City dan Technopark
LINK TERKAIT